Selasa, 24 Februari 2009

Istilah - Istilah di Internet

Sebagai seorang netter, tahukah anda bahasa-bahasa yang sering dipakai dalam internet? pasti ada yang tidak tahu. Karena kebanyakan pengguna internet sekarang bisanya hanya memakai saja dan sama sekali tidak tahu istilah-istilah di internet. Nah, berikut ini ada beberapa pengertiannya, semoga bisa membantu...

HTML -----> ( Hyper Text Markup Language) adalah format standar dokumen pada halaman Situs Web. HTML adalah bahasa interpreter, bukan bahasa pemrograman yg sebenarnya seperti Delphi, JAVA, dan Visual Basic.
Link atau Hyperlink ----> kekuatan atau kelebihan File HTML di bandingkan file yg lain adalah kemampuannya dalam melalukan link Hyperlink. Yaitu sebuah teks yg di beri tag khusus sehingga memiliki kemanpuan untuk membuat browser melompat kehalaman lain yg merupakan halaman tujuan yg terdapat pada link atau hyperlink tersebut. Link atau Hyperlink biasanya berupa sebuah teks yg diberi garis bawah berwarna biru yg jika di klik oleh mouse akan melompat ke halaman tujuannya. Hyperlink juga bisa di lakukan pada gambar dan bukan pada teks saja.
Browser -----> merupakan program yg dipergunakan untuk menampilkan isi dari dokumen HTML dan format-format lain di world wide web, Tiga browser yg ternama yaitu Internet Explorer,Opera dan Netscape Navigator.
URL -----> ( Uniform Resource Locator ), merupakan cara standar untuk menyatakan lokasi atau pemberian alamat dari sebuah file atau halaman dalam web. Bentuk penulisan dari URL merupakan sebagai berikut : protokol://alamat
http = merupakan Protokol yg dipergunakan sebagai kepanjangan dari : Hyper Text Transfer Protocol, sedangkan yahoo.com merupakan alamat dari file atau dokumen tersebut.
Jenis Protokol lain seperti FTP, File Transfer Protocol, GOPHER dan TELNET.
Link- String text atau image (gambar) yg dapat di-klik untuk mengantarkan pengguna ke dalam dokumen atau lokasi lain.
Attributes- berada di dalam sebuah tag. Ia memberi perintah bagaimana tag tersebut ditampilkan ke dalam browser Mengedit tag yg mengandungnya.
HTML Standard: Web Browser yg berada di pasaran seperti Internet Explorer dan Netscape Navigator, diproduksi oleh perusahaan yg berbeda-beda, sehingga tampilan dari sebuah dokumen yg sama (termasuk dokumen HTML) dapat terlihat berbeda.
Sebuah website yg kelihatan bagus dan rapi pada Internet Explorer dapat terlihat berantakan pada Netscape. Sebagai tambahan pengunjung yg berbeda dapat menghasilkan tampilan sebuah halaman tertentu yg berbeda-beda pula, hal ini dikarenakan oleh berbagai faktor seperti resolusi monitor yg dipergunakan dan setting browser yg berbeda.
Oleh karena itu hindari merancang sebuah halaman web dengan aturan yg baku pemilihan font dan ukuran lay out. Terkadang image tertentu akan kelihatan lebih besar dalam monitor lain.
HTML Tags : HTML merupakan komposisi dari tag-tag. Tag merupakan perintah yg dituliskan dengan menggunakan tanda <>. Sehingga semua string yg berada di antara kedua tanda tersebut, disebut tag.
HTML merupakan komposisi dari tag-tag. Tag merupakan perintah yg dituliskan dengan menggunakan tanda <>. Sehingga semua string yg berada di antara kedua tanda tersebut, disebut tag.
_____________ menunjukkan indikasi dari awal format, dan akhir/penutup. Apapun yg berada diantara kedua tag tersebut akan memiliki perilaku yg dipengaruhi oleh atribut tag yg anda pasang mengurungnya.
Frame : Adalah sebuah halaman situs Web yg menampilkan dua atau lebih halaman web lainnya yg bisanya berfungsi untuk mempermudah navigasi atau penelusuran halaman demi halaman situs web tersebut.
Table : adalah sebuah penataan halaman Web menggunakan baris dan kolom untuk mengatur layout atau tata ruang halamam Web agar lebih rapi, menarik danlebih memudahkan dalam pengaturan letak teks dan gambar yg ditampilkannya.
Spacing : Spasi dan atau ruang kosong tidak mempengaruhi tampilan dari sebuah halamn web ; Sebanyak apapun spasi akan tetap dihitung sebagai satu spasi. Untuk menampilkan spaci sebagai spasi maka di pergunakan kode ini " "
Autoresponder ~ Sebuah alamat e-mail yg otomatis , dimana ketika Anda atau seseorang mengirim e-mail ke alamat e-mail ini maka secara otomatis akan membalasnya dengan pesan pendahuluan, biasanya berupa konfirmasi ulang, yg biasanya hanya dalam beberapa detik atau menit dan tidak peduli apakah Anda online atau tidak.
Banner Ad ~ Sebuah gambar graphical yg di gunakan untuk beriklan. Ini bisa berisi teks, warna , gambar dan biasanya selalu memiliki hyperlink ke situs lain yg di iklankannya. another website.
Banner Generator ~ Sebuah program untuk membuat banner seperti yg Anda mau secara instans dan….online.
Classifieds ~ Sama halnya dengan iklan di media cetak, hanya saja yg satu ini secara online di Internet.
Domain Name ~ Sebuah nama yg unik yg mengidentifikasikan sebuah alamat sebuah situs web.
E-Mail Discussion Group ~ Sebuah Sistem yg mengijinkan seseorang mengirimkan pesan ke sebuah alamat Group yg copy-an nya terkirim ke semua anggota Group tersebut. Disini, orang-orang yg berbeda beda jenis e-mail access dapat berpartisipasi dalam diskusi bersama-sama. Ini biasanya secara otomatis.
Ezine ~ Sebuah bentuk majalah elektronik atau surat kabar elektronik. Jenis ini diperkenalkan oleh sebuah situs web atau di kirimkan lewat e-mail, yg kemudian biasaanya merupakan bentuk dari pemberian sebuah berita atau informasi pada anggota ezine tersebut.
Free For All Links ~ Halaman situs dimana Anda bisa mendaftarkan URL atau alamat situs Anda agar terdaftar disana secara GRATIS.
Hit ~ Sebuah permintaan dari browser untuk satu macam item dari sebuah web server.
Keyed Ads ~ Sebuah tambahan yg di tempatkan pada akhir URL atau alamat e-mail yg bisa membuat Anda mengetahui bagaimana hasil dari tambahan tersebut . Ini dilakukan untuk mengetahui atau menandai, atau Ini tidak akan mengubah URL atau alamat e-mail Anda dan pengunjung tetap akan mengunjungi and e-mail tersebut akan tetap terkirim ke mail box Anda…tapi dengan subjek seperti yg sudah di tandai tersebut .
Keywords ~ Kata-kata yg dipakai dalam judul situs,meta tags dan isi dari situs Anda yg mana akan membantu Search Engine untuk mengindek dan menemukannya dengan benar jika seseorang mencari di Search Engine tersebut sesuatu yg bergubungan dengan isi situs Anda.
Merchant Account ~ Sebuah account yg menijinkan Anda menerima penbayaran mengunakan kartu kredit.
Meta Tag ~ HTML tags dimana search engine akan melakukan spiders and crawlers untuk melihat ketika mengindek sebuah situs.
Newsgroup ~ Merupakan nama untuk kelompok diskusi di USENET, dimana dalam sistem kelompok dunia maya, dengan komentas atau pesan yg melewati diantara ratusan juta mesin server.
Online Communities ~ Seperti sixdegrees atau Tripod. Orang-orang dengan ketertarikan yg sama dapat berhubungan satu sama lain dalam sebuah komunitas lewat message board dan ruang catting.
Search Engine ~ Sebuah directory di World Wide Web yg mengindex halaman halaman web, untuk membantu seseorang yg melakukan pencarian secara spesifik pada satu kata atau rangkaian kata sebagai kata kuncinya, di mana Search Engine ini yg nantinya akan menunjukkan daftara situs yg berhasil ditemukan dan cocok atau berkaitan dengan kata kunci yg di gunakan untuk melakukan pencarian tersebut.
Signature File ~ Sebuah iklan pendek yg ada pada bagian bawah nama Anda pada akhir setiap e-mail Anda. Biasanya terdiri dari 5 sampai 8 baris kalimat.
Site Optimizing ~ penggunaan keywords yg tepat yg akan dipilih search engine spiders untuk mendapatkan hasil pencarian tertinggi dalam daftar hasil pencarian search engine tersebut.
Site Submission Software ~ sebuah software khusus untuk mengirimkan pendaftaran situs Anda secara otomatis ke ratusan atau ribuan Search Engine dan directori tanpa Anda harus mengunjungi situsnya satu demi satu.
Spam ~ sebuah bentuk promosi yg ilegal dengan cara mengirimkan e-mail ke orang lain atau ke banyak orang yg tidak dikenalnya sama sekali dan tidak memintanya sama sekali. Ini termasuk juga memasang iklan ke situs iklan baris atau mendaftarkan situs ke Search Engine secara berulang-ulang.
Web Stats Report ~ sebuah laporan yg memberitahukan pada Anda berapa banyak hit dan dan kunjungan ke halaman situs web Anda dan akan menunjukkan dari mana berasalnya kunjungan itu.

2 komentar: