Kamis, 26 Februari 2009

Saya Harus Mengislamkan Akhlakku

Tujuan pokok dari misi islam adalah membentuk akhlak yang mulia sebagiaman pernyataan Rasulullah dalam hadist:” Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”.(HR. Ahmad dan lain-lain) dan dikuatkan oleh ayat alqur’an:”Apabila kami berikan mereka kedudukan yang kuat diatas bumi, mereka mendirikan sholay mengeluarkan zakat, menyuruh berbuat baik dan melarang berbuat mungkar dan milik Allah akibat dari semua urusan”.(QS. Al Hajj: 41) (QS. Al baqoroh,177)
(QS. Al Ankabut 45)
Sifat-sifat orang muslim :
Sifat penting bagi muslim yang harus dimiliki yaitu akhlak yang mulia, diantaranya :
-Menjauhi barang syubhat (HR Muttafaqun’alaih) (HR Tirmidzi)
-Memalingkan pandangan dari yang haram (QS.An Nur,30) (HR Thabrani )
-Menjaga Lisan (HR. Tirmidzi ) (HR.Baehaqi)
-Malu
-Tidak lekas marah dan sabar (QS. As Syura,43) (QS.Al Hijr 85) (QS Az Zumar,10) (QS anNur 22) (QS Al Furqon 63)
-Berkata Benar
-Merendah diri (tawadu’)
-Menjauhi buruk sangka (QS Al Hujurat 12)
-Suka memberi derma dan murah hati (QS Al Baqoroh 3,272 )

Saya Harus Mengislamkan Keluargaku dan Rumah Tanggaku

Saya harus mencetak kehidupanku sesuai dengan misi islam menjadi kehidupan lebih terarah. Kalaulah keislamanku sesuai mewajibkan untuk mengislamkan diriku, baik itu aqidahku, akhlakku,ibadahku maka aku harus bisa berbuat untuk menjadikan masyarakatyang saya tempati menjadi masyarakat muslim yang baik. Tanggung jawab saya adalah Saya harus mengislamkan kehidupanku,rumah tanggaku,masyarakat kecilku,anak-anakku setelah itu baru masyarakt yang lebih dekat jaraknya. ( QS As Syu’ara 213-215) (QS At Tahrim 6)
Tanggung jawab perkawinan :
Pedoman-pedomannya adalah :
-Perkawinan itu semata mata karena Allah (QS.Ali Imron 34)
-Maksud perkawinan itu ialah supaya bisa memalingkan pandangan dan menjaga kemaluanku yang dilandasi rasa takut kepada Allah dan menggenapkan setengah agama. (Hr, Tirmidzi dan Thabroni dalam Al Ausath )
-Saya harus pandai memilih istri sebagai teman hidupku dan pendampingku.Sabda Rasul : Pilihlah untuk tempat spermamu, karena itu tergantung kepada asalnya. “ Dan diriwayatkan yang lain : “ Akhlak itu menurun”. Kawinilah perempuan yang seimbang denganmu,dan kawinkanlah dengan yang seimbang pula “( HR.Ibnu majah dan hakim )
-Memilih istri yang berjiwa agama(Hr Ibnu Majah)
-Saya harus hati-hati agar tidak melanggar perintah Allah ( HR.tabrani ) tentang niat menikah

Tanggung Jawab setelah Perkawinan
-Berbuat baik kepada istri ( HR ibnu majah dan ibnu Hakim )
-Hubunganku dengan istriku tidak sebatas syahwat tapi harus ada cinta dan keserasian berpikir, perasaan dan jiwa. (QS. Thoha 132) (QS Maryam,55 )
-Hubunganku deg istri harus sesuai syariat islam
-Tanggung Jawab bersama dalam mendidik Agama
(QS. Al Furqon 74). Sebenarnya hasil yang diidamkan dari rumah tangga muslim,adalah membentuk anak cucu yang soleh (QS. Al Furqon 74 )
Saya Harus Bisa Menguasai Diri

(QS. Asy Syam 7-10).
Manusia dalam perkelahian dengan hawa nafsu terpecah dalam 3 golonagan :
-Sebagian kalah dengan hawa nafsu sehingga condong kedalm keduniawian (QS. Aljatsiah 23)
-Segolongan betul-betul berjihad melawan hawa nafsu tetapi terkadang kalah dan bertobat (QS al imron 135)
-Sebagian mereka seperti bola ditaman kanak-kanak dan kami tidak pusing terhadap mereka.

Rahasia Kemenangan Melawan Hawa Nafsu
HATI, yang akan menang melawan hawa nafsu. Yaitu hati yang bersih, jernih,hati yang hidup,keras dan bercahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar